Rabu, 25 Februari 2015

Sumber-sumber Pencemaran Udara

Pencemaran Udara yang terjadi saat ini banyak sekali sumber dan penyebabnya. Pada umumnya sumber pencemaran udara dibagi atas dua jenis, yaitu:
  1. Sumber alamiah
  2. Sumber antropogenik
1. Sumber Alamiah

Sumber alamiah pencemaran udara adalah sumber yang menyebabkan pencemaran karena mengeluarkan senyawa-senyawa penyebeb pencemaran udara. Sumber-sumber pencemaran alami adalah:
  • Gunung berapi dikategorikan sebagai sumber alami karena mengeluarkan gas beracun pada konsentrasi tinggi seperti gas karbon monoksida dan gas karbon dioksida. Gunung berapi juga mengeluarkan awan panas yang terdiri dari batuan pijar dan material vulkanik yang padat yang dapat merusak pernafasan manusia dan hewan.
  • Rawa-rawa masuk sebagai sumber pencemar alami karena menghasilkan gas metana akibat adanya fermentasi selulosa yang terjadi. Fermentasi terjadi karena pada umumnya tumbuhan yang ada di rawa-rawa terendam sebagian di dalam air.
  • Kebakaran hutan terjadi ketika suhu yang terlalu panas ketika musim kemarau atau ada pohon kering yang tersambar petir sehingga menyebabkan kebakaran. Hasil dari kebarakan ini adalah gas-gas yang beracun seperti karbon monoksida dan karbon dioksida.
  • Proses Denitrifikasi menyebabkan pencemaran udara karena hasil dari proses ini adalah nitrit dan nitrat, yang dapat bereaksi dengan uap air di udara ambien dan menghasilkan hujan asam.
  • Kondisi tertentu yang dapat menyebabkan vegetasi menghasilkan senyawa organik volatil yang signifikan yang mampu bereaksi dengan polutan antropogenik membentuk polutan sekunder.
2. Sumber antropogenik
Sumber-sumber pencemaran udara dikategorikan sebagai sumber antropogenik apabila diakibatkan oleh kegiatan-kegiatan manusia. Sumber antropogenik dapat dibagi ke dalam dua jenis, yaitu:
  1. Sumber tidak bergerak
  2. Sumber bergerak
a. Sumber tidak bergerak
Sumber-sumber pencemaran udara dikatakan sebagai sumber tidak bergerak apabila sumber pencemar tersebut tidak bergerak sama sekali. Contoh-contoh dari sumber bergerak adalah sebagai berikut:

  • Asap industri
  • Hasil pembakaran insinerator
  • Furnace
  • Peralatan-peralatan yang melibatkan proses pembakaran
b. Sumber bergerak
Sumber-sumber pencemaran udara dikategorikan sebagai sumber bergerak apabila sumber pencemaran dapat bergerak. Sumber pencemaran udara bergerak yang paling umum adalah kendaraan bermotor seperti mobil, motor roda dua, pesawat, dan kendaraan lainnya. 

Klasifikasi sumber pencemaran udara di atas dapat membantu kita dalam mencegah terjadinya pencemaran udara yang lebih parah dan dalam mengendalikan pencemaran udara yang sudah terjadi di sekitar kita.
Sumber : [1]

REFERENSI 
1. https://www.youtube.com/watch?v=UtdKRvWC1yQ  (Diakses 25 Februari 2015)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar